Rabu, 18 April 2012

Cara Membuat Blog di Blogger (Gratis, hanya 5 menit)

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat blog di Blogger. Sedikit penjelasan, blog adalah singkatan dari web log. Biasanya berisi tentang catatan atau artikel dalam bentuk tulisan dan biasanya disertai dengan gambar sebagai penjelas. Artikel-artikel tersebut dimuat secara urut dengan format isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama. Di tempat saya menulis artikel ini juga merupakan blog. Jadi gimana? tertarik membuat blog?

Blog ini saya buat juga menggunakan blogger. Jadi saya di sini pengen berbagi ilmu tentang cara membuat blog di blogger. Sebenarnya membuat blog itu tidak sulit, bahkan hanya dengan waktu ±5 menit (tergantung beberapa faktor sebenarnya, seperti koneksi internet.. hhe). Dari pada kelamaan basa basi mendingan kita langsung saja menuju ke langkah-langkah membuat blog.




Perlengkapan:
-Koneksi internet
-Laptop/PC (bisa juga lewat ponsel, tapi mungkin tampilanya agak berbeda)
-Browser
-Email Gmail (Belum punya email Gmail? -Cara Membuat Alamat Email di Gmail)

Langkah-langkah:


1. Buka http://www.blogger.com di browser anda. Setelah muncul, isikan alamat email gmail anda. Kemudain isikan juga password email anda pada kolom yang tersedia.
Jika sudah selesai mengisi klik [Masuk].

2. Isikan Username (nama panggilan) anda. Lalu isi juga jenis kelamin anda dan jangan lupa beri tanda centang () pada bagian "saya menerima persyaratan dan layanan".
Setelah semuanya terisis, klik [Lanjutkan] untuk melanjutkan membuat blog.

3. Langkah selanjutnya adalah klik tombol [Blog Baru].
4. Setelah itu akan muncul tab seperti gambar dibawah ini.
Isi kolom Judul dengan judul blog anda. Isi juga kolom Alamat dengan alamat blog yang anda inginkan. Di sini saya mengisi bagian alamat dengan GLW48, jadi alamat blognya GLW48.blogspot.com. Di bagian Template, pilih bagaimana tampilan blog anda nanti. Setalah selesai klik [Buat blog!].

Selamat Blog anda sudah jadi. tapi kayaknya ada yang kurang deh. Blog kamu masih kosong karena kamu belum buat artikel/posting. kalo gak percaya buka saja blog kamu (namaBlogKamu.blogspot.com).

Menulis Artikel

Setelah selesai membuat blog, tugas kita selanjutnya adalah mengisinya. Saya akan menjalaskan cara menulis artikel di blog.

1. Klik pada gambar/ikon pensil seperti gambar dibawah ini.

2. Maka anda akan dibawa menuju halaman untuk ngetik artikel/postingan.
Pada bagian atas adalah kolom untuk menulis judul. Pada bagian putih dan lebar adalah tempat kita menulis isi artkel. Sebenarnya bila anda sudah terbiasa ngetik di Mocrosoft Ofice Word pasti tidak akan kesulitan. Bila sudah selesai mengetik semua artikelnya, maka klik tombol [Publikasikan] yang terletak di sebelah kolom judul.

3. Karena Artikel anda telah terpublikasi, maka blog anda tidak lagi kosong. Gambar dibawah ini merupakan contoh tampilan sebuah blog.

Itulah langkah-langkah cara membuat blog. Cukup mudah dan cepat. dengan begitu anda tahu kan bahwa membuat blog itu tidak sulit. Kalau anda merasa artikel ini bermanfaat, Klik iklan dibawah sebagai donasi/sumbangan untuk blog ini. Semoga blog yang kita buat selalu berguna bagi banyak orang, amin. 

Selamat Mencoba




Apakah artikel tersebut bermanfaat? jika iya, klik iklan dibawah ini sebagai bentuk donasi/sumbangan unuk blog ini. dan juga sebagai bentuk terimakasih anda.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar