Senin, 02 Januari 2012

Memaksimalkan Android Market untuk Tablet/Smartphone Cina/Lokal

Sudah lebih dari setengah tahun saya tidak mengupdate blog ini, ketika saya buka udah banyak sarang laba-laba bahkan sampai jadi pangkalan banci. Sebenarnya saya bingung mau di kasih judul apa artikel ini, karena mungkin sudah lama gak nulis kali ya? mungkin masih ada yang bingung dengan maksud judul di atas, oke akan saya jelaskan.




Sudah banyak tablet ataupun smartphone android bikinan cina yang berkeliaran di pasaran. para vendor/brand lokal ini banyak menawarkan produk-produk mereka dengan harga miring. Yang terakhir adalah tablet IMO X3, hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 799.000,00 anda dapat menikmati tablet 7inch ini.

Dari pengalaman saya punya tablet merk lokal (di sini saya memakai tablet Advan Vandroid T1C) ketika saya mencoba mencari aplikasi UberSocial for android, saya tidak menemukan aplikasi yang saya inginkan, padahal ketika saya mencoba mencari dengan Samsung Galaxy series(hasil pinjem :D), aplikasi tersebut bisa di temukan. Dugaan saya pertama kali mungkin karena ukuran/resolusi layar yang berbeda. Tetapi setelah saya browsing saya mengetahui bahwa android market di tablet bikinan cina lebih memprioritaskan aplikasi buatan cina. Meskipun dalam artikel itu yang disebutkan adalah tablet IMO X3, tapi tetap saya coba.
Begini caranya:

1. Buka Pengaturan Aplikasi: Seting > Applications > Manage Applications
2. Pilih Market lalu pilih "Clear Cache" (!)ingat bukan "Clear Data"
3. Kemudian kembali ke Manage Aplications lalu pilih Google Service Framework lalu pilih "Clear Data"
4. Lalu lakukan Restart pada gadget anda. Ketika anda membuka android market, mungkin anda akan menemui pesan error. lalu tunggu sebentar hingga semua berjalan normal.

Setelah saya mencoba keempat langkah tersebut, saya langsung membuka android market lalu mencoba search Ubersocial, dan ternyata ada. Selanjutnya saya coba search aplikasi lain yang sebelumnya ga ada, yaitu Launcher7, ternyata juga ada.
Selamat Mencoba.

Apakah artikel tersebut bermanfaat? jika iya, klik iklan dibawah ini sebagai bentuk donasi/sumbangan unuk blog ini. dan juga sebagai bentuk terimakasih anda.


Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Oke thanks saya coba ya, saya juga punya kasus yang sama. Malah rencana pingin cari cara upgrade android market nya

    BalasHapus