Senin, 14 Maret 2011

Setelah Dipreteli, iPad 2 Bernilai Setengah Harga Jualnya


Pradana96 - Meski harga iPad 2 banderol tetap dari iPad 1, Apple dinilai masih tetap meraup keuntungan yang lebih dari cukup. Sebab setelah dipreteli, biaya pembuatan iPad 2 diperkirakan hanya setengah dari harga jual yang dipatok Apple.

Prusahaan analis pasar bernama IHS iSuppli telah melakukan pembedahan terhadap komponen yang berada di dalam iPad generasi terbaru tersebut, sehingga dapat diperkirakan berapa biaya yang dikeluarkan Apple untuk membuat satu unit iPad 2.



iSuppli memproyeksi, untuk iPad 2 yang dibekali media penyimpanan 32 GB dan dibanderol seharga USD 729 di pasaran, hanya menghabiskan biaya pembuatan USD 323,35 bagi operator Verizon Wireless dan USD 326 untuk yang versi AT&T.

Mulai dari prosesor A5 yang digunakan iPad 2 dikatakan seharga USD 14. Sementara biaya terbesar dikeluarkan oleh display layar sentuh di perangkat tersebut yang dibuat oleh LG Display, yakni diprediksi senilai USD 127.

Alhasil, Apple pun dikatakan sejatinya memiliki banyak 'ruang' untuk mengambil kebijakan pemangkasan harga jika diperlukan.

iSuppli boleh saja berproyeksi, namun yang mesti diingat, penilaian tersebut masih hanya berdasarkan material dan komponen yang digunakan Apple untuk menciptakan iPad 2. Jadi lebih dari sisi hardware.

Ini belum termasuk investasi lain yang harus dikeluarkan Apple untuk pengembangan software, pembuatan kemasan, distribusi, manufaktur, promosi serta riset dan pengembangan lainnya.

Apakah artikel tersebut bermanfaat? jika iya, klik iklan dibawah ini sebagai bentuk donasi/sumbangan unuk blog ini. dan juga sebagai bentuk terimakasih anda.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar